Organda Beri Jaminan Angkutan Umum Aman

Ekonomi-216 hit 23-06-2020 21:52
Salah seorang anggota Organda Sumbar jalani uji Swab yang diadakan Organda Sumbar, Selasa (23/6). (Foto : Dyz)
Salah seorang anggota Organda Sumbar jalani uji Swab yang diadakan Organda Sumbar, Selasa (23/6). (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Secara bertahap, hampir 1.000 orang awak angkutan umum mulai dari AKAP, AKDP dan supir Taksi menjalani tes Swab gratis yang diadakan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumatera Barat (Sumbar), bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar selama sepuluh hari di Kantor Dishub Sumbar.

"Uji Swab ini kami mulai Selasa (23/6) ini hingga 10 hari ke depan. Soalnya sebanyak 1.000 awak angkutan itu akan diambil secara bertahap. Untuk satu hari ada 100 orang dari mereka yang ikuti uji Swab itu," kata Ketua Organda Sumbar, Sengaja Budi Syukur kepada Arunala.com di Padang, Selasa (23/6).

Budi mengaku, uji Swab juga diikuti sejumlah pengusaha Oto Bus yang ada di Sumbar.

Baca Juga

"Langkah yang kami buat ini sekaligus memberikan jaminan kepada para penumpang bahwa angkutan umum yang mereka tumpangi benar-benar bebas Covid, sehingga penumpang tidak lagi takut-takut untuk naik angkutan umum ini," kata Budi Syukur lagi.

Budi menambahkan, uji Swab itu juga berkaitan dengan sudah mulai beroperasi kembali angkutan umum sejak penerapan tatanan normal baru.

Dirinya berharap pascauji Swab itu, hasilnya negatif dari Covid-19 supaya masyarakat bisa naik angkutan umum dengan nyaman.

Kemudian dalam pelaksanaan uji Swab itu, Budi Syukur mengaku sudah menyurati DPC Organda kabupaten kota untuk ikut serta, dan nyatanya ada sejumlah awak angkutan umum dari Kabupaten kota yang ikut hari Selasa itu.

"Bagi mereka para awak angkutan umum yang akan ikut bisa datang ke Kantor Organda Sumbar, syaratnya hanya KTP dan SIM," sebut Budi Syukur.

Kepala Dishub Sumbar Heri Noviardi menyatakan mendukung kegiatan yang dilakukan Organda melakukan Swab terhadap awak angkutan umum.

"Bersyukur pihak Organda mengadakan Swab gratis pada sopir angkutan di Sumbar," kata Heri Noviardi.

Apalagi, lanjut dia, daerah Sumbar merupakan destinasi wisata, jadi yang paling dicari para pengunjung atau wisatawan ke Sumbar ini adalah garansi aman dari Covid.

"Jadi dengan adanya status para awak angkutan itu bersih dari Covid, ini akan menghadirkan sugesti para pengunjung itu bahwa penanganan Covid secara sistemik di Sumbar sudah terjamin baik dari segi penanganan, pemantauan hingga ke segi pemetaan," kata Kadishub Sumbar ini.

Heri Nofiardi menambahkan Dishub terus melalukan pemantuaan terhadap sopir, pelaku usaha untuk tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19 dalam melayani penumpang di saat new normal.

Untuk itu, sebut dia, setiap supir wajib pakai masker, bangku dalam angkutan harus diatur jarak antar penumpang, sehingga dengan jaga jarak antar penumpang, kapasitas angkutan dikurangi

"Bila ada melanggar kapasitas orang dalam angkutan tersebut petugas di lapangan langsung menindak dengan cara meminta penumpang turun," tegas Heri NofiardiNofiardi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday menyebutkan Swab terhadap awak angkutan di Sumbar salah satu untuk melakukan tracking memutus mata rantai corona.

"Langkah cukup bagus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran corona di Sumbar. Sekaligus memberi merasa aman, nyaman bila sopir dan kernet dinyatakan sehat dan tidak terpapar virus corona," kata Merry Yuliesday.

Komentar