PPID di DPRD Sumbar Masuk Nominasi Terinformatif

Metro- 19-11-2022 00:00
Plh Sekretaris DPRD Sumbar, Zardi Syahrir, presentasi penerapan KIP di lingkup kerja Sekretariat DPRD Sumbar dihadapan para panelis KIP Sumbar 2022, Jumat sore kemarin (18/11). (Dok : Istimewa)
Plh Sekretaris DPRD Sumbar, Zardi Syahrir, presentasi penerapan KIP di lingkup kerja Sekretariat DPRD Sumbar dihadapan para panelis KIP Sumbar 2022, Jumat sore kemarin (18/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Plh Sekretaris DPRD Sumbar, Zardi Syahrir, menyatakan penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bagi Sekretariat DPRD jelas menjadi hal penting dan harus diterapkan.

"Dengan KIP, publik bisa tahu seperti apa dan sejauh mana kinerja Sekretariat DPRD Sumbar, dan bahkan bisa diukur pencapaian apa saja yang sudah berhasil dilakukan," ungkap Zardi Syahrir, kepada tim penilai Komisi Informasi (KI) Sumbar saat mempresentasikan penyelenggaraan KIP di lingkup kerja Sekretariat DPRD tersebut, di Padang, Jumat sore kemarin (18/11).

Zardi menyebut, dalam penjelasan yang dibuat Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis mengatakan dalam pengelolaan organisasi pelaksanaan layanan keterbukaan informasi telah memiliki, Struktur Organisasi PPID, Tugas dan Fungsi PPID, Visi dan Misi PPID dan Standar Operasional Pelayanan sesuai peraturan KIP.

Baca Juga

"Makanya, dalam hal layanan publik ini, PPID Sekretariat DPRD Sumbar berkomitmen menyediakan layanan informasi publik dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kami juga sediakan berbagai layanan informasi dengan mengakses website resmi atau bisa juga dengan langsung datang ke kantor Sekretariat DPRD Sumbar tepatnya ke Kios Layanan PPID," ucap Zardi.

Di tempat itu, sebutnya, disediakan layanan permohonan informasi publik baik secara manual ataupun melalui komputer layanan yang tersedia, dan bisa diakses melalui website DPRD dan menu PPID :http://dprd.sumbarprov.go.id/home", katanya.

Saat ini, lanjut Zardi, PPID di Sekretariat DPRD Sumbar telah melakukan 15 bentuk layanan informasi publik dan inovasi yang dilakukan. Dan itu terus diupdate setiap hari penyebaran informasi publik kegiatan kedewanan kepada publik melalui pengelolaan media sosial instagram, facebook, tiktok, youtube secara baik, santun, mencerdaskan dan kerjasama media.

Di sisis lain, adapun tim panelis KI Sumbar yang hadir saat para nominator berikan presentasi KIP-nya, antara lain Wakil Ketua KI Arif Yumardi dan Komisioner Adrian Tuswandi, kemudian dua dari akademisi masing-masing Khairul Anwar dan Dr Alfan Miko.

Sementara tiga badan publik untuk kategori OPD Pemprov Sumbar yang masuk nominasi juara terinformatif yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Sekretariat DPRD Sumbar.

Komentar