Alirman Sori Desak Pemkab Pessel Gelar Razia Terpadu

Metro- 19-11-2022 23:04
Tumpukan kayu jarah hasil illegal logging yang ditemukan warga di salah satu aliran sungai di Pessel, Sabtu siang (19/11). (Dok : Istimewa)
Tumpukan kayu jarah hasil illegal logging yang ditemukan warga di salah satu aliran sungai di Pessel, Sabtu siang (19/11). (Dok : Istimewa)

.

Bahkan, sebutnya, masa lalu di tahun 1990 an sampai tahun 2009 penjarahan hutan di Pessel sangat mengkuatirkan.

"Pessel adalah daerah sangat rentan ancaman bencana alam, seperti banjir bandang dan longsor. Bila penjarahan hutan secara serampangan masih terus berlangsung akan mengancam ekosistem dan lingkungan di Pessel. Tidak ada pilihan, pemkab setempat harus segera bertindak, bila tidak ingin menimbulkan korban akibat penebangan kayu di hutan secara membabi buta," tegas Alirman Sori.

Senator ini menambahkan, fakta empirik dan faktual menunjukan sering terjadinya banjir dihampir setiap kecamatan di Pessel disebabkan karena akibat sudah rusaknya kawasan hutan, sehingga ketika terjadi curah yang cukup tinggi berpotensi terjadinya banjir dan longsor dimana-mana di Pessel.

"Jadi saya berasumsi, kambuhnya kembali aksi illegal logging di Pessel karena pihak-pihak yang berwenang di pengawasan hutan tidak melakukan tugasnya secara optimal dan juga kita tahu Polhut di Sumbar sangat kekurangan personil," ungkap Alirman Sorinext

Komentar