Pelaksanaan TMMD ke-109 Dimulai di Pessel

Metro-59 hit 22-09-2020 20:54
Bupati Pessel Hendrajoni memukul gong tanda dimulainya pelaksanaan TMMD ke -109 tahun 2020 di Pessel, Selasa (22/9). (Foto : Rio)
Bupati Pessel Hendrajoni memukul gong tanda dimulainya pelaksanaan TMMD ke -109 tahun 2020 di Pessel, Selasa (22/9). (Foto : Rio)

Penulis: Snm | Editor: MN. Putra

Pessel, Arunala -- Progam Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) resmi dilaksanakan. Peresmian ini dilakukan oleh Bupati Pessel Hendrajoni di gedung PCC Painan, dan Selasa (22/9).

Hadir juga dalam peresmian itu Kasrem 032/Wbr Kol Inf Amrizen, Kasiter Kasrem 032/Wbr Kol Kav Husnizon serta Kasatgas TMMD ke-109 Letkol Inf Gamma Artadila Sakti yang juga menjabat Dandim 0311/Pessel.

Turut juga hadir dalam peresmian itu sejumlah kepala dinas dan Forkopimda setempat.

Baca Juga

Kasatgas TMMD ke-109 Letkol Inf Gamma Artadila Sakti menyampaikan, tujuan TMMD kali ini untuk membantu Pemkab Pessel dalam mempercepatan pembangunan infrastruktur daerah, baik fisik maupun non fisik.

"Ini adalah bentuk kemanungalangan TNI dan masyarakat dan Forkopimda," kata Gamma.

Gamma menjelaskan pelaksanaan TMMD ini dimulai Selasa ini (22/9) hingga Rabu (21/10) nanti. Untuk penegrjaan fisik berupa pembukaan jalan desa mulai dari Nagari Pancung Taba hingga Kampung Dilan, panjangnya 3,7 kilometer (km).

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan jalan desa dari Kampung Dilan menuju Limau Gadang sepajang 4,2 km.

"Kami juga lakukan renovasi (bedah) rumah dari Baznas Pessel sebanyak lima unit, dari BPMDP Sumbar lima Unit, serta menyerahkan bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Holtikultural Sumbar," ujar Gamma lagi,

Sedangkan kegiatan non fisik, Dandim ini menyebutkan akan dilakukan kegiatan penyuluhan hukum, sosialiasi Kamtibmas, dan kegiatan keagamaan lainya di tempat TMMD dilakukan.

Sejalan dengan program TMMD itu, sebanyak 150 personel yang terlibat. Dia mengimbau kepada anggota yang dilibatkan agar bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bupati Pessel Hendrajoni menyatakan pelaksanaan TMMD di Pessel kali sebagai momentum berharga dalam mengangkat kesehjateraan masyarakat di kabupaten itu.

"Selain mempertahankan NKRI, TNI juga ikut berperan membantu pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal, terisolir, dan terpencil untuk menuju daerah berkembang," kata Hendrajoni.

Dirinya berharap program yang sudah dirintis Kodim 0311/Pessel melalui pelaksanaan TMMD ini, nantinya akan dilanjutkan oleh Pemkab Pessel.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar, Syafrizal Ucok, sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD Ke -109 yang dilaksanakan Kodim 0311/Pessel itu.

"Kami berharap, TMMD ini benar-benar bisa membantu masyarakat dalam peningkatan Ekonomi dan infrastrukur serta SDM masyarakat," kata Syafrizal Ucok.

Komentar