23 Puskesmas di Padang Siap Fasiltasi Uji Swab

Metro-284 hit 27-10-2020 09:02
kepala Dinkes Kota Padang, Feri Mulyani. (Dok : Istimewa)
kepala Dinkes Kota Padang, Feri Mulyani. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang menyatakan menyiapkan puluhan Puskesmas untuk memfasilitasi pelaksanaan swab bagi pengelola dan karyawan rumah makan, cafe dan sejenis di kota ini.

Kesiapan ini diungkapkan kepala Dinkes Kota Padang, Feri Mulyani saat dihubungi Arunala.com di Padang, Senin sore (26/10).

"Setidaknya ada 23 Puskesmas siap untuk melakukan uji swab bagi pelaku usaha itu," kata Feri Mulyani.

Baca Juga

Menurut dia, pelaksanaan uji swab ini dilakukan sesuai instruksi dan Surat Edaran (SE) Gubernur Sumbar, sedangkan Dinkes Padang tentunya meneruskan kebijakan tersebut.

"Buktinya pada Senelin (26/10) sudah ada pemilik usaha dan karyawannya melakukan uji swab di beberapa Pukesmas," terang Feri Mulyani.

Agar pelaksanaan uji swab berjalan baik, dia meminta pada pemilik usaha untuk proaktif untuk melakukan uji swab ini, karena hal itu akan berdampak pada dunia usaha dan perekonomian.

Pemilik/pengelola restoran untuk mengirimkan data-data karyawan yang akan mengikuti tes swab, sesuai dengan format yang diberikan Dinkes.

Menurutnya, ini bertujuan untuk memudahkan pengaturan lokasi dan jadwal bagi karyawan yang akan mengikuti tes swab. Sehingga tidak terjadi penumpukan di Puskesmas.

"Sebab, jika terjadi penumpukan akan rentan timbulnya klaster baru di Puskemas," jelas Feri Mulyani lagi.

Dia menambahkan, data yang dikirim ke Dinas Kesehatan adalah data yang sebenarnya.

"Kalau karyawannya ada 30 orang, harus dibuat 30 orang. Karena tes swab ini salah satu upaya kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Feri Mulyani.

Komentar