Suwirpen: ASN Diminta Netral di Pilkada Sumbar

Metro-87 hit 07-11-2020 10:36
Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib
Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala -- Banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaporkan Bawaslu Sumbar kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dukungan pada calon kepala daerah ikut bertarung di Pilkada 2020, mengundang keprihatinan Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib.

"Memang , ASN memiliki hak suaranya untuk mencoblos di Pilkada Sumbar 2020, namun untuk menjaga netralitas, juga jadi faktor penting bagi ASN," kata Suwirpen di Padang kemarin.

Bila netral kata dia, banyak keuntungan bagi ASN, diantaranya tidak ada beban mental dalam memberikan hak suaranya di pilkada nanti.

Baca Juga

"Sebaiknya bersikap profesional saja, tidak usahlah mendukung pasangan calon bertarung di Pilkada," ujarnya.

Suwirpen juga menyatakan ASN jangan takut kehilangan jabatan atau di nonjob-kan bila tidak mendukung pasangan calon kepala daerah.

"Sebaliknya, kepada calon untuk tidak memutasi atau men-nonjob-kan ASN yang bersikap netral," pinta Suwirpen Suib.

Sebelumnya Bawaslu Sumbar telah mengirimkan rekomendasi ke KASN 50 ASN di Sumbar diduga mendukung salah pasangan calon kepala daerah.

Dari 50 orang tersebut 25 ASN telah mendapatkan rekomendasi sanksi dari KASN. ASN yang telah mendapatkan sanksi hukuman disiplin sebanyak 22 orang dan sanksi moral tiga orang.

Komentar