Penting Keberadaan Pendamping Desa dan Penyuluh Agama Desa

Metro-36 hit 02-08-2021 10:45
Genius Umar saat pimpin apel keberadaan pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa di Kota Pariaman, Senin (2/8). (Dok : Istimewa)
Genius Umar saat pimpin apel keberadaan pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa di Kota Pariaman, Senin (2/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wali Kota Pariaman, Genius Umar meminta petugas yang menjadi pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa memberikanmanfaat bagi desa dan masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Genius Umar saat memimpin apel bersama petugas para pendamping dan penyuluh agama desa itu kantor LKAAM Kota Pariaman, Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Senin (2/8).

"Kalau kehadiran para pendamping dan penyuluh ini di desa tidak dapat merubah apapun yang telah menjadi kebiasaan di desa, maka mereka dapat dikatakan tidak memberi bermanfaat bagi desa dan masyarakat, dan harus introspeksi untuk itu," ujar Genius Umar.

Baca Juga

Genius juga menyampaikan, pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa memiliki peran aktif dalam kehidupan seosial bermasyarakat, menggali dan memaksimalkan potensi desa sesuai dengan peran masing-masing.

Dirinya juga menerangkan, petugas pendamping desa berdikaridituntut lihai membaca dan menganalisa persoalan yang dihadapi masyarakat desa, kemudian dilaporkan kepada pimpinanya, sehingga apa saja yang terjadi di desa, dapat dicarikan solusinya.

"Sejauhini, melalui kordinator pendamping desa berdikari, saya selalu menerima laporantentang apa saja yang terjadi di desa, dan diharapkan penyuluh agama juga demikain," ujar Genius lagi.

"Karena itu, saya menunjuk mantan Kadis Sosial, Afnil yang telah purna tugas sebagai ASN, untuk menjadi kordinator bagi penyuluh agama desa, agar tercipta sinkronisasi antara program pemerintah dengan penyuluh agama desa," tukasnya.

Genius menyampaikan agar penyuluh agama dapat meningkatkan kegiatan keagamaan yang ada di desa, mulai dari Magrib mengaji, subuh mubarokah, ajakan untuk meramaikan masjid dan mengaktifkan remaja masjid yang ada di desa masing-masing.

"Tugas pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa, harus dapat menjadi mata hati dan kaki tangannya kepala daerah, dan dapat bersinergi dengan Kepala Desa masing-masing, tentang apa yang akan dibuat dan digagas di desa nantinya," tuturnya.

Pendamping desa berdikari di Kota Pariaman ini merupakan satu-satunya yang ada di indonesia, dimana pelantikan mereka ini, dilakukan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Juli 2020 yang lalu.

Komentar