Alirman Sori Minta Mahasiswa bisa Berasimilasi

Edukasi- 16-10-2021 16:44
Beri Kuliah Umum di STAI-MA Bayang, Pessel Alirman Sori Minta Mahasiswa bisa Berasimilasi
Beri Kuliah Umum di STAI-MA Bayang, Pessel Alirman Sori Minta Mahasiswa bisa Berasimilasi

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Anggota DPD RI asal daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori didaulat untuk memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam, Madrasah Arabiyah (STAI-MA) Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu, (16/10).

Kuliah umum yang diberikan Alirman Sori di kampus STAI MA Bayang di Ballroom Hotel Gizella, itu dalam mengisi masa reses anggota DPD RI ke daerah pemilihannya di tahun ini.

Dalam kuliah itu, Alirman Sori menyampaikan, Ibu pertiwi sedang sakit, sangat diperlukan pengobatan dan terapi tepat untuk mengobati dari sakit sakit yang dialami.

Baca Juga

"Makna Ibu pertiwi sedang sakit adalah bahwa negara ini sedang menghadapi berbagai persoalan yang memerlukan penanganan yang serius," kata Alirman Sori.

Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, sebut dia, berdampak secara sistemik terhadap kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Ekonomi mengalami perlambatan, karena adanya pembatasan aktifitas secara langsung melakukan transaksi berusaha.

Pandemi Covid-19 juga, lanjutnya, membatasi aktifitas lain seperti dunia pendidikan, kegiatan proses belajar mesti dilakukan secara daring dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang juga mempengaruhi perilaku peserta didik dengan adaptasi kebiasaan baru.

"Dengan ada perubahan akibat pandemi, mengharuskan semua kita untuk mampu beradaptasi dengan perubahan baru yang selama ini tidak pernah kita alami," papar Senator asal Sumbar ini.

Kemudian, Alirman Sori menambahkan perubahan yang terjadi juga mempengaruhi perilaku gaya hidup baru dengan mengharuskan ada perubahan cara berpikir yang harus menyesuaikan dengan dinamika perubahan yang terjadi jika akan tergilas dengan perubahan tersebut.

Tantangan lain yang dihadapi negara atas perubahan yang terjadi akibat pandemi adalah bidang sosial, politik, budaya, pertahanan dan keamanan.

"Untuk itu sangat diperlukan terapi khusus yang komprehensif dengan melibatkan komponen bangsa untuk berpatisipasi aktif sesuai dengan profesi masing-masing," ujarnya.

Alirman Sori secara khusus meminta mahasiswa dalam menyikapi perubahan yang terjadi agar aktif ambil bagian dengan belajar sungguh-sungguh, karena itu adalah bagian dari membela negara dan jangan melakukan hal-hal yang tidak produktif.

Mahasiswa, terangnya, sebagai bagian komponen bangsa pelanjut estafet kepemimpinan masa mendatang, menghadapi tantangan dan dinamika perubahan mengharuskan semua pihak, terutama mahasiswa untuk mampu berasimilasi dengan perubahan yang terjadi.

"Kata kuncinya adalah tingkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang serba digital dan harus sejalan pengetahuan agama," pungkas Alirman Sori.

Komentar