PNP Dirikan Zona Integritas, ITP Transparan Soal Anggaran

Metro- 26-11-2021 21:24
Terlihat para nominator saling memberikan presentasi mereka terkait penerapan KIP di kampus masing-masing dihadapan tim juri Anugerah KIP Sumbar 2021 di Padang, Jumat (26/11). (Foto : Arzil)
Terlihat para nominator saling memberikan presentasi mereka terkait penerapan KIP di kampus masing-masing dihadapan tim juri Anugerah KIP Sumbar 2021 di Padang, Jumat (26/11). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Pasca meraih predikat Menuju Informatif dari Komisi Informasi (KI) Pusat tahun lalu, menjadikan pihak Politeknik Negeri Padang (PNP ) terus berupaya menjadi kampus yang memperkokoh keterbukaan informasi publik (KIP).

Komitmen kuat menerapkan KIP di kampus ini, diutarakan Direktur PNP, Surfa Yondri saat presentasi Monev KI Sumbar menuju Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021 di salah satu hotel di Padang, Jumat siang (26/11).

"Sejak dapat predikat menuju informative, kami tiap tahun lakukan inovasi dalam hal KIP, karena keterbukaan adalah modal dasar bagi PNP meraih capaian lainnya," ujar Surfa Yondri dihadapan juri penilai Anugerah KIP Sumbar 2021.

Baca Juga

Bahkan Surfa Yondri menegaskan, dalam menunjukkan komitmen kampus yang dipimpinnya akan KIP, sengaja pihak PNP membuat zona integritas di tempat mereka.

Di pihak lain, Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Hendri Nofrianto kepada panelis Anugerah KIP Sumbar 2021, memaparkan pihak ITP menjadikan keterbukaan informasi publik sebagai trust program pemerintah pusat.

"Dana hibah dari Kemdibud Ristek terus mengucur ke ITP, ini karena dana dari kementerian itu kami kelola secara transparan hingga ke tahap pelaporannya," ujar Hendri.

Sedangkan, seorang panelis yakni Muhammad Nurnas mencoba menggali komitmen, koordinasi dan inovasi yang diterapkan badan publik dari kategori perguruan tinggi yang dilakukan hari itu.

"Ada lima hal yang saya gali dari para nominator kategori perguruan tinggi negeri dan swasta itu. Dari presentasi mereka nyaris tak ada kelemahan dalam menjawab, meski begitu Monev tidak tujuan utama, tapi bagaimana ketebukaan informasi publik jadi budaya baru di badan publik saat ini," ujar Nurnas.

Panelis lainnya yakni Arif Yumardi justru mengingatkan PTN dan PTS untuk berkomitmen dan konsistensi dalan penerapan UU No.14 Tahun 2008 dan regulasi turunnya.

"Jadikan keterbukaan informasi sebagai roh model keterbukaan informasi publik di perguruan tinggi," kata Arif Yumardi.

Komentar