Sudah 144 Orang Terinfeksi Covid-19 di Sumbar

Metro-140 hit 28-04-2020 22:50
Foto : Ilustrasi
Foto : Ilustrasi

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Kurun waktu tiga hari belakangan, jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) di Sumbar naik drastis. Tercatat dalam rentang waktu tiga itu ada penambahan 23 orang lagi pasien positif Covid-19. Sehingga menjadi 144 orang.

Dari data penderita Covid-19 yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Selasa siang (28/4) menyebutkan dari penambahann 23 pasien baru itu, terbanyak berasal dari Kota Padang.

"Tercatat di Kota Padang itu ada 18 orang pasien positif Covid-19. Semua pasien itu jalani proses isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dibawah pengawasan ketat tim kesehatan," sebut Jasmani Rizal.

Baca Juga

Ke-18 orang pasien positif ini berasal dari berbagai wilayah di kota Padang, antara lain dari Parak Karakah, Subarang Padang, Kuranji, Aua Duri, Nanggalo, Korong Gadang, komplek Cendana, kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunuang Pangilun, Balimbiang dan Tanah Sirah.

"Mereka yang terinfeksi itu umumnya bersifat transmisi lokal. Ini berdasarkan pengembangan dan tracking dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan masih berputar dalam cluster yang sama," jelas Jasman Rizal.

Selain Kota Padang, sambung Jasman, penambahan pasien positif Covid-19 juga terdapat di Kabupaten Solok sebanyak tiga kasus, yang semuanya berasal dari Surian

"Tiga orang pasien ini juga jalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sekarang," tukas Jasman Rizal.

Kemudian lagi, dari Sintuak Kabupaten Padang Pariaman dan dari Kecamatan Payokumbuah Selatan Kota Payokumbuah juga terkonfirmasi telah bertambah masing-masing 1 orang lagi dan juga isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Selanjutnya kata Jasman, menyebutkan juga ada pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, dari RSUP M Djamil Padang. Pasien ini merupakan wanita umur 59 tahun warga Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang,

"Sehingga total yang telah sembuh dari Covid-19 sampai hari ini (Selasa,red) adalah sebanyak 24 orang," terang Jasman.

Melihat adanya penambahan pasien baru yang terinfeksi Covid-19, maupun pasien yang sembuh, terang Jasman, maka perkembangan Covid-19 secara total di Sumbar hingga Selasa (28/4) menunjukan jumlah yang positif terinfeksi sebanyak 144 orang.

"Dengan rincian 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 49 orang, 19 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 14 orang dan sembuh 24 orang,"imbuhnya.

Sementara untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.750 orang, dalam proses pemantauan 468 orang dan selesai pemantauan 7.282 orang. Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 369 orang.

Dari 369 PDP tersebut, 48 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19 sebanyak 313 orang dan isolasi diri di rumah delapan orang.

Pasien Positif covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS Rujukan total enam orang, isolasi mandiri di rumah dua orang, di Bapelkes satu rang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak tiga orang. (rel)

Komentar