Kendala Teknis, Lion Air Balik Lagi ke BIM

Metro- 13-12-2021 20:55
Pesawat JT145 PDG-BTH RTB yang return to base diparkir di stand 5 BIM Padangpariaman, Senin (13/12). (Dok : Istimewa)
Pesawat JT145 PDG-BTH RTB yang return to base diparkir di stand 5 BIM Padangpariaman, Senin (13/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala -- Pesawat Lion Air yang mengangkut rombongan Komisi I DPRD Sumbar dan sejumlah penumpang lainnya dengan tujuan Kuala Namu Medan, balik lagi (return to base) ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padangpariaman, Senin siang (13/12).

Pesawat tujuan Medan ini sedianya mau transit lebih dulu di Batam, untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Kuala Namu Medan di hari yang sama.

Balik laginya pesawat itu ke BIM diketahui setelah viralnya postingan Wakil Ketua Komisi 1, Evi Yandri Rajo Budiman di salah satu medsos pada pukul 16:26 WIB.

Baca Juga

Dalam postingan itu Evi Yandri menuliskan, "Hari ini kami Komisi 1 DPRD Prov Sumbar akan melaksanakan study komperatif ke Medan. Penerbangan dengan menggunakan Lion Air transit di Batam. take off dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar pukul 13:15 WIB menuju Batam, sekitar 40 menit di udara tiba-tiba tekanan udara menurun drastis," tulis Evi Yandri.

Dia kembali menuliskan,"Pilot memutuskan untuk balik ke bandara BIM, baru saja pilot mengumumkan pesawat harus balik ke BIM. Posisi pesawat turun mendadak dan kami diminta untuk memasang masker oksigen yang sudah bergelantungan".

"Panik ya panik, kalau memang dengan jalan ini kami kembali kepadaMU YA robbi, mohon ampuni kesalahan kami yang sepesawat ini ya Allah. Alhamdulillah dengan ketenangan pilot dan semua kru Lion Air, kami kembali dan mendarat dalam keadaan baik-baik saja di BIM," tulis Evi Yandri lagi.

Dia kemudian menambahkan, Insya Allah dia dan penumpang lainnya di pesawat itu menunggu untuk diterbangkan kembali dengan menggunakan pesawat pengganti.

Sementara itu, Humas Angkasa Pura II BIM, Fendrick Sondra, saat dikonfirmasi membenarkan kembalinya pesawat Lion Air tujuan Medan itu ke BIM.

"Iya benar, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT145 PDG-BTH RTB yang ditumpangi 196 orang itu termasuk didalamnya rombongan anggota DPRD Sumbar itu return to base(kembali ke BIM, red) due to technical reason atau mengalami gangguan teknis," kata Fendrik.

Namun untuk lebih pastinya, sambung dia, pihak BIM sedang menunggu keterangan resmi dari pihal Lion Air.

Kemudian bagi penumpang JT145 Boing 737-9G(ER) yang berjumlah 196 orang itu, sudah mendarat kembali dengan selamat dan di arahkan menuju ke ruang tunggu, dan akan melanjutkan penerbangan mereka dengan pesawat lain.

"Sekarang situasinya, para penumpang itu sudah take off lagi dengan pesawat pengganti namum nomor penerbangannya masih sama yaitu JT145 pukul 18.30 WIB, tapi jumlah penumpangnya jadi 175 orang. Yang tidak berangkat itu, akan berangkatkan besok dari Cengkareng menuju tujuan mereka semula," kata Fendrik.

Hingga berita ini diturunnya, keterangan resmi dari pihak Lion Air tentang penyebab return to base JT 145 masih belum didapat.

Komentar