DKP Sumbar Kembali Tebar 30.000 Bibit Ekor Ikan Garing

Metro- 23-09-2021 16:35
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Kadis DKP Sumbar, Desniarti menebar 30.000 ekor bibit ikan garing di Pokmaswas Masjid Nailussaadah Kampung KB Kuraopagang, Kota Padang, Kamis ini (23/9). (Dok : Istimewa)
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Kadis DKP Sumbar, Desniarti menebar 30.000 ekor bibit ikan garing di Pokmaswas Masjid Nailussaadah Kampung KB Kuraopagang, Kota Padang, Kamis ini (23/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar setiap tahunnya rutin menebar kembali bibit ikan di perairan umum (restocking, red).

Buktinya, Kamis ini (23/9), dilakukan penebaran sebanyak 30.000 ekor ikan garing untuk Pokmaswas Masjid Nailussaadah di Kampung KB Kuraopagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Sebelumnya, juga sudah ditebar benih ikan garing di beberapa kabupaten kota di Sumbar. Yakni Kabupaten Solok, Kota Solok, Sijunjung, Solok Selatan dan Pasaman Barat.

Baca Juga

"Kegiatan ini untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Karena di sini ada potensi perairan, saying jika tidak dimanfaatkan untuk perikanan," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Dia mengatakan semua potensi yang ada di kelurahan maupun nagari harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kepada masyarakat saya berpesan agar bisa menjaga dan mengelola ikan yang telah disebarkan tersebut," ajaknya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Desniarti menyebutkan tahun ini akan dilakukan kegiatan restocking sebanyak 1.250.000 ekor ikan garing di 15 kabupaten kota di Sumbar.

Kegiatan tersebut dimulai dengan verifikasi calon Pokmaswas penerima, lokasi restocking, penetapan lokasi restocking.

"Kemudian, penetapan lokasi dan penebaran benih. Dilanjutkan dengan monitoring setelah ikan ditebar," sebutnya.

Ia berharap dengan kegiatan restocking ini bisa menjaga kestabilan stok ikan di perairan umum dan mempertahankan sumber daya hayati, khususnya ikan garing. Melalui penebaran benih ini kebersihan sungai akan terjaga di sepanjang sungai. Tidak ada lagi masyarakat membuang sampah di sungai.

"Dan, pada akhirnya menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar. Pasalnya sungai yang ditebar ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar," harapnya. (*)

Komentar