Tiga Nagari di Pessel Butuh Penguatan Jaringan Selular

Metro- 16-01-2022 02:17
Kadis Kominfo Pessel, Juanidi bersama pihak Telkomsel Padang lihat lokasi yang miliki jaringan selular lemah di salah satu nagari di Pessel, beberapa hari lalu. (Dok : Istimewa)
Kadis Kominfo Pessel, Juanidi bersama pihak Telkomsel Padang lihat lokasi yang miliki jaringan selular lemah di salah satu nagari di Pessel, beberapa hari lalu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Masyarakat di tiga nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengeluh karena lemahnya jaringan telepon selular di nagari mereka.

Menindak lanjuti keluhan itu Dinas Kominfo Pessel kemudian lakukan peninjuan ke lokasi itu bersama Tim Network Service Telkomsel Sumbar, dan juga anggota Komisi III DPRD Sumbar, Herpi Damson, beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Kominfo Pessel, Juanidi menyebutkan tiga nagari yang kesulitan sinyal selular itu yakni Nagari Sungai Tunu Barat Kecamatan Ranah Pesisir dan Nagari Air Haji Barat dan Nagari Muara Gadang Air Haji Kecamatan Linggo Saribaganti.

Baca Juga

"Mengatasi kesulitan jaringan selular yang ada di tiga nagari itu, untuk sementara akan dihadirkan combat mobile (BTS Portable) dari pihak Telkomsel," kata Junaidi.

Dia menyebutkan, masyarakat terpaksa mencari spot-spot yang memiliki jaringan selular yang bagus yang ada di luar areal mereka yang berdekatan dengan tower selular.

Sementara, Manager Network Service Telkomsel Sumbar diwakili staf Distrik Operation Telkomsel Padang, Fariz Dwi Pratama yang ikut meninjau lokasi mengatakan lemahnya sinyal selular di tiga nagari di Pessel itu akibat jarak pemancarnya relatif jauh dan juga karena terhalang pepohonan.

"Untuk membangun Tower BTS, pihak kami akan lebih memprioritaskan daerah yang belum punya akses selular dan internet sama sekali, dengan pertimbangan potensi teknis dan ekonomi untuk diusulkan pembangunan tower BTS untuk layanan selular dan internet tersebut," kata Fariz.

Namun dirinya akan berupaya dan menyampaikan kepada pimpinannya kondisi ini dengan kajian potensi dan pertimbangan kebutuhan layanan pemerintahan nagari, masyarakat, guru dan siswa SMP dan SD.

Komentar