Boy Rafli Resmi Jabat Kepala BNPT

Metro-381 hit 07-05-2020 00:34
Suasana Presiden Joko Widodo saat pelantikan Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT. (Dok : Istimewa)
Suasana Presiden Joko Widodo saat pelantikan Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Jakarta, Arunala - Wakil kepala Lemdiklat Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Suhardi Alius.

Sedangkan jabatan Wakil Kepala Lemdiklat Polri yang ditinggalkan Boy Rafli diisi oleh Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat Kapolda Jatim.

Acara pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (6/5) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga

Boy Rafli Amar dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 86/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Keppres tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet Farid Utomo.

Kepala Negara secara langsung mengambil sumpah jabatan yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Pelantikan ini dihadiri secara terbatas oleh sejumlah jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Para tamu termasuk Jokowi juga terlihat mengenakan masker dan menjaga jarak di dalam ruangan sebagai bagian dari upaya pembatasan fisik (physical distancing) demi mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Pelantikan Boy sebagai Kepala BNPT merupakan penunjukan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz melalui telegram Kapolri ST/1378/KEP/2020 pada Jumat (1/5). Boy menggantikan Suhardi yang telah empat tahun menjabat sebagai Kepala BNPT. (rel)

Komentar