Kepala BMKG Pantau Langsung Daerah Terdampak Gempa Pasbar

Metro- 26-02-2022 11:22
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. (Dok : Istimewa)
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala -- Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang melanda Kabupaten Pasaman (Pasbar) dan Kabupaten Pasaman, di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat pagi (25/2) kemarin, membuat banyak kalangan termasuk pihak pusat ikut tersentak.

Dampak yang ditimbulkan akibat gempa darat yang diperkirakan berpusat Gunung Talamau itu bisa dikatakan tidak sedikit.

Mendapati dampak gempa itu, KepalaBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawatiakan datang guna melihat langsung kondisi yang terdampak gempa bumi itu.

Baca Juga

Akan tibanya Kepala BMKG itu dibenarkan Kepala Pusat Seismologi Teknik BMKG, Rahmat Triyono dari pesan WhatApps-nya yang diterima Arunala.com , Sabtu (26/2).

"Siang nanti pukul 12.30 wib ibu Kepala BMKG mendarat di Bandara BIM, sblm menuju lokasi bencana direncanakan akan melakukan presconf/dorstop di VVIP Bandara BIM, kami persilahkan bagi rekan-rekan media yang berkenan meliput," tulis Rahmat Triyono.

Dalam pesan yang ditulisnya itu, juga menjelaskan berbagai agenda yang akan dilakukan Dwikorita Karnawatiyang didampingi beberapa orang stafnya itu selama berada di Padang.

Dia menulis, ada beberapa agenda Kepala BMKG dan tim Survey gempa Pasaman Barat dan Pasaman. Pertama, survey macroseismic, melakukan pemetaan dampak kerusakan. Kedua, survey microzonasi, melakukan pemetaan siteclass kerentanan seismic. Ketiga, survey/monitoring microseismic gempa-gempa susulan estimasi gempa susulan berakhir.

"Lalu yang keempat, lakukan sosialisasi ke masyarakat terdampak di tenda-tenda pengungsi. Kelima, survey potensi dampak colateral hazard, longsor, banjirbandang bila terjadi hujan lebat disekitar sumber gempa. Dan terakhir Koordinasi dengan stakeholder terkait," tulis Rahmat Triyono.

Komentar