PMI Sudah Bangun 65 Huntara di Pasbar

Metro- 16-03-2022 21:55
Relawan PMI Pasbar terlihat sedang membangun huntara bagi korban terdampak gempa di daerah itu. (Dok : Istimewa)
Relawan PMI Pasbar terlihat sedang membangun huntara bagi korban terdampak gempa di daerah itu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Pasbar, Arunala - Palang Merah Indonesia (PMI) telah membangun sebanyak 65 unit rumah hunian sementara (Huntara) bagi korban terdampak gempa di Pasaman Barat (Pasbar).

"Para relawan PMI di lapangan telah mendirikan puluhan Huntara," kata Kepala markas PMI Pasbar Ridawarsa saat dihubungi Arunala.com , Rabu (16/3).

Korlap TDB PMI Pasbar ini menyebutkan, puluhan unit Huntara tersebut dibangun di Jorong Tanjung Beruang itu untuk tahap I, selanjutnya juga akan dibangun di Jorong Pasa Lamo Limau Puruik serta Jorong Kampung Alang.

Baca Juga

Dari 65 unit telah dibangun tersebut, lanjut dia, sebanyak 50 unit Huntara diantaranya telah dihuni warga terdampak gempa.

Puluhan unit Huntara dibangun tersebut, terangnya, berasal dari donasi dikumpulkan PMI membantu korban gempa di Pasbar.

"Berdasarkan data total sementara Alhamdulillah, terhimpun donasi untuk 107 unit Huntara biaya sebesar Rp 133.600.000. Dan pembangunan Huntara itu dibuat berdasarkan asesmen tim PMI yakni berdasarkan rumah yang terdampak gempa tidak layak huni," jelas Ridawarsa lagi.

Dia menyebutkan, hasil asesmen PMI, kebutuhan huntara sebanyak 2.500 unit dimana rumah warga tidak layak huni akibat gempa 6,5 SR di Pasbar.

"Rumah warga tidak layak huni akibat gempa dianggap PMI secepatnya dibangun huntara," katanya.

Ridawarsa menambahkan, dari 2.500 unit huntara yang bakal dibangun itu, PMI merencanakan tahap I akan dibangun sebanyak 200 unit.

"Mudah-mudahan menjelang bulan puasa 200 unit tahap I siap dikerjakan di Pasbar, warga sudah bisa menghuni huntara tersebut," pungkas Ridawarsa.

Komentar