Alirman Sori Ingatkan Soal Kondisi Sosial di Masyarakat

Metro- 17-06-2022 21:14
Anggota DPD RI Dapil Sumbar, Alirman Sori di sela-sela sosialisasi Empat Pilar MPR RI di UIN IB Padang, Jumat (17/6). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI Dapil Sumbar, Alirman Sori di sela-sela sosialisasi Empat Pilar MPR RI di UIN IB Padang, Jumat (17/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Ratusan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang yang tergabung dalam IMPPS di kampus itu mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI dari Anggota DPD RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori, di Aula Mansur UIN Imam Bonjol Padang, Jumat (17/6).

Dalam sosialisasi ini, Alirman Sori menekankan para mahasiswa harus bisa jadi tauladan di tengah masyarakat.

"Hal itu saya ungkapkan, berangkat dari rasa keprihatinan saya melihat dengan banyaknya masalah sosial yang dihadapi Indonesia, serta maraknya tindakan kejahatan dan kriminal. Ini menjadikan kondisi kebangsaan akhir-akhir ini tidak bagus," kata Alirman Sori.

Baca Juga

Senator Alirman Sori ini menilai, akar permasalah kondisi di atas, diakibatkan adanya pendangkalan dalam memahami agama, krisis kepemimpinan serta mulai berkurangnya penghargaan terhadap kebhinekaan dan keberagaman.

"Setahu saya, tidak ada satu agama pun yang mengajari kejahatan. Sebaliknya sikap saling menghargai, tolong menolong, itu yang diajarkan semua agama," paparnya.

"Padahal, kita orang beragama, dan negara kita Indonesia adalah bangsa dan negara yang mengakui adanya sang pencipta," lanjut Alirman Sori lagi.

Mantan Ketua DPRD Pesisir Selatan (Pessel) ini menekankan, sebagai bangsa yang berketuhanan, kenapa mudah sekali orang marah, bertengkar, caci maki, saling menjelekkan.

Bahkan, lanjutnya, seseorang dengan mudahnya menuding orang atau kelompok tertentu sebagai musuh karena perbedaan pandangan.

"Sekarang gampang sekali menyatakan orang radikal, teroris dan sebagainya namun, belum tentu apa yang kita lihat demikian. Inilah tantangan yang kita hadapi saat ini," tukasnya.

Karena itu, pinta Alirman Sori, agama mesti dijadikan alat untuk memastikan semua yang dilakukan dan diucapkan harus berdasarkan Al Quran dan hadits.

"Kalau dua sumber diambil, saya yakin dan percaya kita akan membentengi kita dari hal-hal yang tidak baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Alirman Sori berharap mahasiswa bisa mengajak pada kebaikan, menyuruh pada yang makruf dan mencegah dari yang munkar di lingkungannya.

Komentar