Berkas Pendaftaran FaGe Dinyatakan Sah

Metro-229 hit 06-09-2020 16:32
Paslon Fakhrizal-Genius Umar saat beri keterangan pers seusai mendaftar ke KPU Sumbar, Minggu (6/9). (Foto : Amz)
Paslon Fakhrizal-Genius Umar saat beri keterangan pers seusai mendaftar ke KPU Sumbar, Minggu (6/9). (Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunnala - Rencana awal bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) yang akan dilakukan pukul 10.00 WIB ke KPU Sumbar sempat molor beberapa jam.

Bapaslon yang diusung Golkar, NasDem dan PKB serta satu partai pendukung yakni PPB itu tiba di KPU Sumbar pukul 12.20 WIB dan beberapa saat setelah itu, tim LO dari bapaslon ini langsung melakukan registrasi di meja pendaftaran.

Selama hampir dua jam lamanya proses pemeriksaan berkas syarat pencalonan dan syarat calon dilakukan KPU Sumbar, dan akhirnya KPU memberikan tanda terima (TT) atas berkas persyaratan pencalonan kepada bapaslon FaGe.

Baca Juga

Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyampaikan kelengkapan berkas pencalonan dari Paslon Fakhrizal-Genius Umar memang sudah dilakukan verifikasi.

"Sejauh ini kelengkapan itu baik menyangkut syarat pencalonan yang berisikan rekomendasi dan SK pencalonan dari partai pengusung dan juga keabsahan ketua dan sekretaris partai. Serta berkas syarat calon dapat dinyatakan sudah lengkap dan sah," kata Amnasmen kepada Arunala.com , di kantor KPU Sumbar, Minggu (6/9).

Selanjutnya sebut Amnasmen, berkas-berkas pencalonan dari FaGe itu akan dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi.

Kemudian, lanjut dia, KPU juga memberi waktu pada paslon untuk melengkapi berkas pencalonan yang kurang setelah KPU memberitahukan kepada Paslon menyangkut dokumen apa saja yang harus dilengkapi pada 13-14 September ini.

Selanjutnya pada 14-16 September, paslon kemudian menyerahkan dokumen perbaikan syarat calon kepada KPU.

Ditanya soal tidak hadirnya Ketua DPD Golkar Sumbar Khairunas saat pencalonan FaGe ke KPU Sumbar hari itu, Amnasmen menyebutkan hal itu sudah dibuktikan dengan surat keterangan yang diserahkan Sekretaris DPD Golkar Sumbar Desta Ediwan kepada KPU.

"Soalnya, ketua Golkar Sumbar itu memang menjalani perawatan medis, dan KPU memahami hal itu. Namun untuk SK kepengurusan partainya memang ada," jelas Amnasmen.

Sementara itu, paslon Fakhrizal-Genius Umar setelah penyerahan berkas pencalonan kepada wartawan menyampaikan bila dia bersama Genius Umar dan partai pengusung bila sampai hari ini berkas pencalonan mereka dinyatakan lengkap oleh KPU Sumbar.

"Kami paslon Fakhrizal-Genius Umar sangat mengharapkan dukungan masyarakat Sumbar agar bisa ikut mencalonkan dan juga bisa hadir di TPS untuk melakukan pemilihan. In Syaa Allah kalau Tuhan meridhoi kami bisa menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar untuk lima tahun kedepan," kata Fakhrizal.

Menyinggung pengajuan pensiun dirinya sebagai anggota Polri aktif, mengingat aturan menegaskan TNI/Polri dan ASN harus pensiun jika maju sebagai calon kepala daerah, Fakhrizal menjawab untuk hal itu sedang proses.

"Saya selalu anggota Polri, begitu saya mau mendaftar ke KPU ini sudah mengajukan pengunduran diri. Surat sudah saya sampaikan kepada Kapolri dan pimpinan saya Kabaharkam,dan saat ini masih dalam proses," kata Fakhrizal.

Komentar