Diskominfo Sumbar Bina Desa dan Keluarahan Statistik

Metro-28 hit 10-02-2021 21:22
Pembinaan desa kelurahan statistik di Kota Pariaman dari Diskominfo Sumbar  di Ruang Rapat Wali Kota Pariaman Rabu (10/2). (Dok : Istimewa)
Pembinaan desa kelurahan statistik di Kota Pariaman dari Diskominfo Sumbar di Ruang Rapat Wali Kota Pariaman Rabu (10/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Guna mewujudkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengendalian pembangunan, maka diperlukan data akurat, mutakhir, dan terpadu, sesuai dengan apa yang telah dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo yang tertuang dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2019.

Terkait hal tersebut, tiga desa dan satu kelurahan yang ada di empat kecamatan di Kota Pariaman mengikuti pembinaan desa kelurahan statistikdengan menggunakan aplikasi google earth prodari Diskominfo Sumbar, di ruang rapat Wali Kota Pariaman, Rabu (10/2).

Acara dibuka Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP), Eka Putra Pernanda, didampingi Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Agusti Rabaini, dan Kepala BPS Pariaman, Yuliandri.

Baca Juga

Dalam sambutannya Kabid IKP ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pelayanan Kominfo/Statistik Sektoral Oni Fajar Syahdi, didampingi Kepala Seksi Statistik Eliza Syurda Ningsih, yang sudah mau datang ke Kota Pariaman untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Desa/Kelurahanstatistikyang telah ditunjuk di Kota Pariaman ini.

"Dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini, kami berharap desa/kelurahan ini bisa langsung membuat data-data di dalam aplikasi ini sehingga nantinya akan menjadikan desa/kelurahan di Kota Pariaman menjadi desa/kelurahan statistik yang sangat berguna dan bermanfaat untuk perencanaan pembangunan Kota Pariaman kedepannya," ujar Eka Putra Pernanda.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kominfo/Statistik Sektoral Kominfo Sumbar, Oni Fajar Syahdidalam kegiatan ini menyatakan, pelatihan ini diberikan bagi para operator perangkat desa kelurahan yang ditunjuk perwakilannya untuk dilatih dalam penggunaan google earth pro.

Aplikasi ini bisa memberikan kemudahan kepada desa kelurahan statistik yang telah ditunjuk ,untuk bisa menyajikan data, untuk melihat peta, dataran, lahan, dan bangunan dengan mudah tanpa harus turun kelapangan untuk mengukurnya

"Dan aplikasi ini juga bisa digabungkan dengan aplikasi yang telah ada pada desa kelurahan itu sendiri," ungkap Oni.

Komentar