Baznas Padangpariaman Serahkan Bantuan RTLH di Tapakih

Metro- 02-07-2021 22:52
Ketua Baznas Padangpariaman Rahmat Tk Sulaiman saat menyaksikan pelaksanaan program RTLH di Ulakan Tapakis, Jumat (2/7). (Dok : Istimewa)
Ketua Baznas Padangpariaman Rahmat Tk Sulaiman saat menyaksikan pelaksanaan program RTLH di Ulakan Tapakis, Jumat (2/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padangpariaman serahkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada pemilik rumah bernama Timban (65), warga Korong Sikabu Hilir Nagari Sungai Gimba Ulakan, Jumat (2/7).

Bantuan ini diserahkan langsung Ketua Baznas Padangpariaman Rahmat Tk Sulaiman disaksikan Kabag Kesra Setkab Padangpariaman Azwarman, Plt Camat Ulakan Tapakih, Nurmalis dan lainnya.

Rahmat Tk Sulaiman menyebutkan, pelaksanaan rehap rumah tidak layak huni yang dilakukan Baznas ini merupakan program inovatif yaitu 1 RTLH - 20 muzaki. Yaitu, program yang mengajak muzaki yang ada di tiap nagari di kabupaten itu, minimal 20 orang untuk bersama-sama membantu mustahik yang tinggal di rumah tidak layak huni.

Baca Juga

"Jika masing-masing muzaki berzakat Rp1 juta, maka akan terhimpun dana zakat sebesar Rp20 juta untuk membantu memperbaiki satu rumah mustahik," katanya.

Dia melanjutkan, melalui ketua UPZ nagari dan wali nagari mengidentifikasi satu buah rumah yang benar-benar tidak layak huni di nagarinya untuk dibantu.

Kemudian, ketua UPZ nagari membuat flyer dengan menampilkan identitas mustahik disertakan dengan foto rumahnya serta mencantumkan nomor rekening UPZ nagari serta nomor kontak personnya.

Selanjutnya, tambah Rahmat, dishare di berbagai medsos, termasuk WAG nagari dan perantau. Jika terlaksana dengan baik.

"Maka dalam satu tahun setidaknya ada 103 rumah akan terbantu, ditambah melalui bantuan dari Baznas Padangpariaman sebanyak 40 unit rumah," ujar Rahmat.

Dia menyebutkan, Baznas yang dipimpinnya selalu membuka diri untuk bersinergi dengan semua pihak dalam hal pengumpulan dan pendistribusian zakat.

"Jika pemda dan organisasi masyarakat mengumpulkan dana kemanusiaan, kami juga siap untuk bekerjasama untuk menyalurkannya. Sebab Baznas punya jaringan se Indonesia. In Syaa Allah, amanah dan akuntabel," tukas Rahmat.

Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan, Irman Tiardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Padangpariaman telah menunjukkan kepedulian terhadap warganya yang kurang mampu dan memiliki rumah yang tidak layak huni.

"Dengan adanya bantuan ini kami bersama pihak kecamatan dan Babinsa akan bergotong royong menyelesaikan pembangunan rumah ini. Mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan termasuk juga yang di rantau. Kita dapat mempercepat pembangunannya," kata Irman Tiardi.

Komentar