Dikabarkan Alirman Sori Bakal ke DPR RI

Metro- 22-01-2022 21:28
Anggota DPD RI asal Dapil Sumbar, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI asal Dapil Sumbar, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pelaksanaan pemilu 2024 masih beberapa tahun lagi, kendati demikian iklim perpolitikan menyongsong agenda lima tahunan demokrasi itu sudah milik terlihat.

Seperti diketahui, Sumbar memilik dua Dapil, dan tampaknya bursa calon legislatif DPR RI di Dapil I Sumbar mulai mengapung satu per satu. Bahkan Dapil I yang merupakan daerah pemilihan yang terdiri dari delapan (8) kursi untuk DPR RI, sudah mulai diperbincangan siapa yang akan mengisi untuk lima tahun kedepan (2024-2029).

Saat ini, legislator asal Dapil I Sumbar terdiri dari Darizal Basir (Demokrat), Andre Rosiade (Gerindra), Atari Gauti Ardi (PAN), Darul Siska (Golkar), Asli Chaidir (PAN), Hermanto (PKS) dan Lisda Hendra Joni (Nasdem).

Baca Juga

Delapan orang legislator ini kemungkinan besar akan berlaga kembali di Pemilu 2024. Begitu juga enam (6) orang legislator lagi dari Dapil II Sumbar juga akan ikut bertarung.

Dari berbagai penelusuran, pada pesta demokrasi 2024 mendatang, juga sudah mulai bermunculan nama-nama baru yang akan bertarung di DPR RI baik Dapil I maupun Dapil II.

Deretan nama yang disebut akan ikut calon DPR RI diantaranya Novi Chandra, pengusaha dan mantan senator 2014-2019, yang dinilai punya peluang besar terpilih.

Novi Chandra, memiliki basis cukup kuatdi tiga daerah yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Solok. Di tambah jejaringan bisnis yang cukup luas di Sumbar.

Selanjutnya, wajah baru milenial yang juga akan tampil di Dapil I adalah Zigo Rolanda yang saat ini adalah Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan, putra dari Bupati Solsel, Khairunas.

Zigo juga sangat diperhitungkan menuju Senayan, karena selain punya basis yang kuat di Solsel, ini dipengaruhi atas figur orang tuanya sebagai Bupati Solsel,sehingga peluang Zigo sangat besar untuk bisa melenggang ke Senayan.

Selain itu, adanya juga nama Saidal Masfiyuddin, politisi senior Golkar yang konon kabarnya juga akan menggulang maju kembali sebagai calon DPR RI Dapil I, walaupun Pemilu 2019 dikalahkan pesaing internal Darul Siska yang selisih suaranya sedikit.

Saidal Masfiyuddin disebut-sebut juga memiliki basis yang cukup di Pessel, terbukti dia pernah menjadi anggota DPRD Pessel dan menjadi anggota DPRD Sumbar empat periode.

Selain memiliki basis di Pessel juga memiliki basis cukup di Kota Padang, karena penduduk Kota Padang merupakan penduduk terbanyak berasal dari Pessel.

Yang cukup menarik, adalah dengan munculnya nama Alirman Sori untuk bursa calon DPR RI di Dapil I pada pemilu 2024 nanti. Sebagai mana diketahui, saat ini Alirman Sori masih menjadi anggota DPD RI.

Banyak kalangan menilai sosok yang satu ini adalah figur yang sangat popular, tidak hanya di Dapil I, namun figur Alirman Sori juga cukup di Sumbar dan sudah tidak asing lagi.

Alirman Sori adalah politisi senior partai bezukan Golkar. Kariernya di politik sangat moncer, pernah menjadi anggota dan Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan 1999-2004, 2004-2009.

Sebelum menjadi wakil rakyat, Alirman Sori adalah wartawan kawakan di Harian Singgalang. Dia memulai kariernya di Singglang sejak tahun 1997 dan sampai sekarang masih aktif menulis.

Sebagai seorang jurnalis, Alirman Sori merupaka sosok wartawan yang sangat berani mengungkap berbagai kasus dan dia pernah diburu-buru oleh aparat pada tahun 1997 diawal memulai kariernya di Singgalang mengungkap sindikat keterlibatan aparat membeking usaha illegal logging di Pesisir Selatan.

Bahkan, untuk menyelamatkan dia dari kejaran aparat waktu!itu, diantarkan oleh temannya yang bertugas di Rutan Painan pada tahun 1997.

Naluri sang Senator sebagai jurnalis sangat kental, bahkan sudah menjadi Ketua DPRD masih aktif membuat berita dan menenteng kamera di bahunya.

Setelah dua periode menjadi wakil rakyat di Pessel, pada 2009 memilih maju sebagai calon anggota DPD RI. Awalnya ia ingin maju sebagai anggota DPRD Sumbar, namun terganggal faktor yunior, akhir banting pilihan maju menjadi calon senator.

Diluar dugaan dan tidak diperhitungkan sebelumnya, tapi fakta bicara lain, dirinya masuk empat besar terpilih menjadi anggota DPD RI 2009-2014 mewakili Sumatera Barat.

Banyak pihak meramalkan Alirman Sori, bakal tidak terpilih, karena pesaingnya sangat berat, tokoh-tokoh Sumbar sudah berlebel tokoh nasional yang bukan levelnya Alirman Sori, tetapi Alirman Sori secara diam-diam bekerja membangun jaringan yang tidak terdeteksi oleh lawan-lawan politiknya.

Orang banyak tidak tahu bahwa jejaringan Alirman Sori cukup luas dia adalah aktivis diberbagai organisasi di KNPI, AMPI, Kosgoro, PWI, Ketua Forki, Ketua Pelti dan dia juga dulu dipercaya sebagai Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten di Sumatera Barat dan plus jaringan kekeluargaan Pesisir Selatan di Sumbar, bahkan Alirman Sori tercatat sebagai Ketua DPRD termuda waktu itu.

Alirman Sori adalah putra Pesisir Selatan, selain memiliki karier moncer di politik di tingkat daerah dan nasional, dia adalah seorang akademisi yang saat ini juga masih aktif mengajar di Jakarta Kampus Palamg Merah Indonesia di Lenteng Agung sebagai dosen dan juga dipercaya menjadi Ketua Senat Akademik sampai sekarang.

Ditengah kesibukannya sebagai senator, Alirman Sori, juga sudah menyelesaikan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) Angkatan 62 Lemhannas RI dengan masa pendidikan selama sembilan bulan dan secara akademik Alirman Sori sudah menyelesaikan pendidikan S-3 pada tahun 2017.

Alirman Sori, ketika ditanya Arunala.com , Sabtu siang (22/1), tentang rumor apakah akan maju sebagai calon DPR RI atau calon kepala daerah pada pemilu 2024 mendatang,? Dengan singkat Alirman Sori menjawab, waktu akan menjawab pada saatnya.

"Saat ini saya fokus dulu menyelesaikan masa baktinya sebagai anggota DPD RI," kata Alirman Sori berkilah.

Komentar