Targetkan 2 Juta Kunjungan Wisatawan di 2022

Wisata- 18-02-2022 22:17
Wako Genius Umar saat launching CoE 2022 Pariwisata Kota Pariaman di acara pelantikan DPD PKDP Kampar, Riau, Jumat malam (18/2).
Wako Genius Umar saat launching CoE 2022 Pariwisata Kota Pariaman di acara pelantikan DPD PKDP Kampar, Riau, Jumat malam (18/2).

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala-- Selama tahun ini (2022, red), setidaknya ada 77 iven wisata yang digelar Pemko Pariaman. Dari semua iven itu, terdapat tiga iven wisata yang skala besar diadakan di kota Tabuik itu.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat launching Calender of Event (CoE) Pariwisata Kota Pariaman 2022 di acara pelantikan pengurus DPD PKDP Kampar yang baru di salah satu tempat di Bangkinang, Kampar, Jumat malam (18/2).

"Iven CoE Pariwisata Kota Pariaman 2022 ini, terdiri dari 77 iven yang digelar dari Januarisampai Desember. Dan Riau merupakan target utama kami, mengingat wisatawan asal Riau yang terbanyak kunjungi tempat wisata di Kota Pariaman," kata Genius Umar.

Baca Juga

Genius mengatakan dari sekian iven wisata yang dibuat, tiga diantaranya merupakan iven besar yang akan menjadi unggulan di 2022 ini. Tiga iven besar wisata itu adalah Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea dan Festival Indang.

"Khusus untuk Festival Hoyak Tabuik Piaman, rencananya akan diselenggarakan pada 14 Agustus 2022. Iven itu masuk tahap verifikasi 200 besar iven nasional atau KEN (Kharisma Iven Nusantara) 2022, dan ini jadi sebuah kebanggaan bagi Kota Pariaman," ujarnya.

Sementara, ada juga iven wisata yang berasal dari kelompok masyarakat, OPD, Pokdarwis dan komunitas yang tumbuh dan berkembang di Kota Pariaman yang ambil bagian dalam CoE tahun ini.

Genius menyebutkan cukup banyaknya iven wisata yang dibuat pemkonya, karena dalam pelaksanaan iven serupa di tahun sebelumnya dengan 45 iven bisa terlaksana dengan baik.

"Kalau dulu ada Pameo menyebutkan Piaman tadanga langang, batabuik mangko ka rami, dan Alhamdulillah, setiap hari kini Pariaman sudah mulai ramai, setiap weekend, di sepanjang Pantai Pariaman, dipenuhi Bus-Bus wisata dan mobil pribadi yang berasal dari Riau, Jambi dan daerah lainnya di regional Sumatera," jelasnya menambahkan.

Genius berharap, dari launching kalender iven wisata yang diadakan di luar Kota Pariaman, dapat membuat pariwisata kota ini makin terkenal, dan wisatawanya makin banyak berkunjung.

"Kami menargerkan untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman tahun ini akan bisa mencapai angka 2 juta wisatawan," kata Genius Umar.

Komentar